Jumat, 24 Februari 2012

Mitos dan Fakta Seputar Penyakit Jantung


"Penyakit jantung"

            Banyak anggapan salah yang ada dimasyarakat seputar penyakit jantung, banyak pendapat yang mengatakan bahwa penyakit jantung ini disebabkan karena sering dikagetkan. Padahal tidak seperti itu kenyataaannya. Ada baiknya kita tahu mana yang salah dan amana yang benar tentang penyakit jantung ini.

       Sebelumnya kita harus mengetahui apa sih “serangan jantung” itu ? “Serangan jantung adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju kejantung dan mengakibatkan sebagian sel jantung mati. Seperti yang kita ketahui jika dalam waktu 3-5 detik otak tidak mendapatkan oksigen dapat juga menyebabkan kematian sel-sel syaraf diotak yang dapat menyebabkan terkena stroke begitu juga jika aliran darah kejantung terhenti dapat menyebabkan sel jantung mati. Saat ini penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa diseluruh dunia. Jumlah penderitanya pun terus meningkat tiap tahun. Adapun penyebabnya tidak lepas dari gaya hidup yang kurang ehat, merokok, makanan berkolesterol tinggi, kurang gerak atau olahraga, stress, obesitas (kegemukan) dan kurang istirahat.

Berikut  mitos dan fakta seputar penyakit jantung:
Mitos:
Makan telur tidak baik bagi kesehatan jantung.
Fakta:
Tidak ada hubungan antara makan telur dan penyakit jantung. Karena telur kaya sekali mengandung protein. Telur menyediakan 13 vitamin /mineral penting, termasuk riboflavin, vitamin B dibutuhkan untuk membantu tubuh Anda mengolah makanan untuk menjadi energi. Telur juga mengandung vitamin D, orang-orang yang kegemukan dan /atau yang menderita diabetes mempunyai tingkat risiko yang lebih tinggi kekurangan vitamin. Namun, jika, karena alasan apapun, Anda ingin menjaga lemak dan kolesterol dalam diet rendah Anda, makan putih telur dan hindari kuning telur, karena semua protein (dan sebenarnya tidak ada lemak apapun) ada di putih telur.

Mitos:
Penyakit jantung hanya terjadi pada orang gemuk saja.
Fakta:
Walaupun semua orang gemuk cenderung memiliki risiko penyakit jantung, namun orang kuruspun bisa terkena serangan jantung. Ini dikarenakan adanya penyumbatan jaringan pembuluh darah ke jantung yang dapat disebabkan karena akibat penimbunan kolesterol yang berasal dari makanan yang kita makan.

Mitos:
Penyakit jantung hanya menyerang orang yang sudah tua.
Fakta:
Orang muda pun kini sudah banyak yang terserang penyakit jantung. Ini dikarenakan gaya hidup masing orang yang tidak sehat. Misalnya mengkonsumsi alcohol, merokok, sering bergadang, mengkonsumsi garam berlebihan, minum kopi berebihan, kurang olahraga dan makan makanan yang berkolesterol tinggi.

Mitos:
Wanita terbebas dari penyakit jantung.
Fakta:
Pada wanita dapat terserang penyakit jantung setelah wanita tersebut mengalami menopause.

Mitos:
Penyakit jantung hanya satu macam.
Fakta:
Ada berbagai jenis penyakit jantung seperti, penyakit jantung koroner (PJK), Penyakit jantung bawaan (PJB), serangan jantung, Tekanan Darah tinggi (Hipertensi), Stroke, Nyeri dada (Angina Pectoris) dan lain-lainnya.

Mitos:
Jika organ jantungnya sehati, tidak mungkin terkena penyakit jantung.
Fakta:
Meski organ jantung sehat, namun jika terjadi penyumbatan pembuluh darah atau oksigen ke jantung maka akan mengakibatkan terjadinya serangan jantung.

Mitos:
Penyakit jantung tidak ada hubungannya dengan serangan stroke.

Fakta:
Sperti halnya penyakit jantung, stroke juga ada kaitannya dengan gangguan pembuluh darah. Jika terjadi
Penyumbtan pemmbulu darah yang berarti terganggunya pasokan oksigen ke jantung tentunya akan mengakibatkan serangan jantung.

Mitos:
Penyakit jantung tidak dapat dicegah.
Fakta:
Dengan gaya pola hidup yang sehat, rajin berolahraga, tidak mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol mengurangi stress dapat menghindari penyakit jantung.

Mitos:
Terkena penyakit jantung karena sering dikagetkan.
Fakta:
Tidak ada hubungannya antara sering dikagetkan dengan penyebab atau pencetus serangan penyakit jantung, kecuali sudah menderita penyakit jantung. Orang yang terkena serangan jantung terjadi gangguan pada jantungnya bukan karena sering dikagetkan.

Mitos:
Penyakit jantung karena sering mengkonsumsi menu jantung pisang.
Fakta:

Makanan yang tidak sehatlah yang menyebabkan orang berisiko terkena penyakit jantung. Seperti makan makanan yang instan/fast food (cepat saji), makanan yang mengandung lemak tinggi seperti daging, jeroan dan lain-lain.



Jadi sayangi jantung anda mulai sekarang…
Kalau bukan anda siapa lagi ???
Your Heart Is Your Breath… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar