Senin, 27 Februari 2012

Kondom Wanita atau Female Condom


Apa itu Kondom Wanita?

Pengertian dari kondom wanita atau female condom adalah suatu alat kontrasepsi yang mendorong penggunaan kondom yang lebih luas dalam hubungan seks berisiko dengan metode pencegahan yang dikontrol oleh perempuan itu sendiri.
Keefektifan dari penggunaan kondom wanita ini adalah dapat digunakan beberapa jam sebelum berhubungan seks dan dapat digunakan dua kali untuk pasangan yang sama. Lain dengan kondom pria yang hanya digunakan sekali pakai, juga menggunakannya pada saat terjadi ereksi penis.
Kondom wanita adalah kondom yang dirancang khusus untuk digunakan wanita dengan bentuk tabung silinder yang berbahan dasar latex atau polyurethane yang tipis dan transparent, bahan tersebut diimpor dari india. Kondom tersebut ada yang dilengkapi dengan spon yang tertutup untuk menyerap sperma dan ada juga jenis lain yang dilengkapi ring plastik didalamnya.
Panjang kondom wanita ini 17 cm dengan diameter 6,6 – 7 cm. baik kondom yang berisi spon ataupun ring, dalam penggunaannya, kantong plastik yang berbentuk silinder yang sudah didesain pas untuk organ vital wanita dimasukkan dalam vagina.

Kondom wanita merupakan suatu cara baru untuk mencegah kehamilan dan mencegah penularan penyakit infeksi seksual. Ada yang berbentuk dua ring, yang mana penggunaannya internal ring yang berada dalam kantong di masukkan dalam vagina dan yang berbentuk spon juga sama , spon dimasukkan ke dalam vagina. Dalam hal ini kegunaannya adaah menampung semen/sperma yang masuk ke dalam vagina.
Yang jadi pertanyaan apakah kantong kondom tidak masuk ke dalam vagina pada saat terdorong penis ? Jawabannya “TIDAK” karena pada pangkal kantong tersebut mempunyai ring yang nantinya setelah kondom tersebut dimasukkan posisi ring pangkal kondom tersebut berada diluar vagina dan tidak akan dapat masuk.

Keuntungan dan Kekurangan
Keuntungan dari penggunaan kondom wanita tersebut antara lain, tidak panas dipakai, dapat memberikan rasa alami, sangat sensitive selama berhubungan intim, tidak menimbulkan alergi, tidak mempunyai efek terhadap hormon wanita, tidak mudah rusak pada temperatur tinggi atau lembab, Karena kondom ini tidak memerlukan kondisi khusus dalam penyimpanan, mencegah infeksi, dapat digunakan sebelum berhubungan badan, tidak perlu sesegera mungkin dilepas setelah ejakulasi, meningkatkan gairah seks dikarenakan eksternal ring dirasa dapat merangsang clitoris. Kekurangannya adanya perasaan seperti bergeser, dapat menurunkan feeling juga sensasi yang disebabkan karena ada barang asing di vagina, dapat mengakibatkan iritasi penis, merasa tidak nyaman.

Cara Penggunaannya 
Ada beberapa posisi dalam hal menggunakannya, yaitu dengan posisi berdiri, salah satu kaki di letakkan di kursi, kedua dengan posisi jongkok dan yang ketiga dengan posisi tidur, kedua kaki ditekuk. Namun yang dirasa paling tepat dan nyaman adalah dalam posisi tidur terlentang.

Sekian sekilas tentang kondom wanita …
Semoga bermanfaat bagi pembaca ^_^

3 komentar: